Jual Buku Negara: The Theatre State In Nineteenth-Century Bali

Judul: Negara: The Theatre State In Nineteenth-Century Bali
Penulis: Clifford Geertz
Penerbit: Princeton University Press, 1980
Bahasa: Inggris
Tebal: 309 halaman
Buku Fisik: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Ebook PDF: Rp. 5.000 (email)
SMS/WA: 085225918312



Buku ini menggabungkan studi yang hebat, orisinalitas interpretatif, sensitivitas analitis, dan gaya prosa karismatik, Clifford Geertz adalah seorang penulis yang berpengaruh di seluruh humaniora dan ilmu sosial, dan juga antropolog terkemuka di Amerika.

Buku yang terbit tahun 1980 ini menganalisis organisasi sosial Bali sebelum dijajah oleh Belanda pada tahun 1906. Geertz menerapkan metode yang luas pengaruhnya meliputi interpretasi budaya mitos, upacara, ritual, dan simbol-simbol negara prakolonial. Ia menemukan bahwa negara abad kesembilan belas Bali menantang konseptualisasi model yang sudah umum dalam teori politik dan pendekatan Barat standar untuk memahami politik.

Negara berarti "negara" atau "kursi kekuasaan politik" dalam bahasa Indonesia. Di Bali Geertz menemukan "negara" menjadi "negara teater", diatur oleh ritual dan simbol bukan dengan kekerasan. Negara Bali tidak mengkhususkan diri dalam tirani, penaklukan, atau administrasi yang efektif. Sebaliknya, itu menekankan tontonan. Geertz berpendapat lebih tegas di Negara daripada di buku-buku lain yang hanya untuk kepentingan fundamental dari budaya politik ke masyarakat.

Banyak buku Geertz sebelumnya - termasuk esai yang terkenal di dunia mengenai sabung ayam Bali - dapat dilihat sebagai gambaran potret penuh dari "puisi kekuasaan" yang begitu jelas menggambarkan Negara.