Jual Buku Cleanliness and Culture: Indonesian Histories

Judul: Cleanliness and Culture: Indonesian Histories
Editor: Kees van Dijk & Jean Gelman Taylor
Penerbit: KITLV Press, 2011
Bahasa: Inggris
Tebal: 217 halaman
Buku Fisik: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Ebook PDF: Rp. 5.000 (email)
SMS/WA: 085225918312
 
Beberapa tahun terakhir telah menunjukkan peningkatan minat dalam studi kebersihan dari perspektif historis dan sosiologis. Banyak studi tersebut pada mandi dan mencuci, menjaga tubuh dan jalan-jalan yang bersih,dan kotoran yang fokus pada Eropa.

Dalam Cleanliness and Culture perhatian bergeser ke daerah tropis, ke Indonesia, di zaman kolonial maupun di masa sekarang. Subyek berkisar dari penggunaan sabun dan mencuci pakaian sebagai dalih untuk mengklaim superioritas ras dan kelas bagaimana referensi untuk menjadi bersih memainkan peran dalam kampanye melawan homoseksual Eropa di Hindia Belanda pada akhir tahun 1930-an. Topik lain adalah penyakit kulit menakutkan dan langkah-langkah sanitasi untuk menghilangkan mereka, dan bagaimana kesalahpahaman tentang kurangnya kebersihan sebagai penyebab penyakit menghambat kesembuhan. Perhatian juga tertarik pada perbedaan dalam sikap terhadap kinerja fungsi tubuh pribadi di luar ruangan dan mundur ke privasi kamar mandi, untuk ritual mandi tradisional dan budaya Spa tropis modern sebagai manifestasi dari gaya hidup Asia Baru.

Dengan kontribusi oleh Bart Barendregt, Marieke Bloembergen, Kees van Dijk, Mary Somers Heidhues, David Henley, George Quinn, dan Jean Gelman Taylor.