Jual Buku INTEL: Inside Indonesia's Intelligence Service

Judul: INTEL: Inside Indonesia's Intelligence Service
Penulis: Ken Conboy
Penerbit: Equinox Publishing, 2004
Bahasa: Inggris
Tebal: 253 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Bandung

Di negara di mana pembicaraan konspirasi sering menjadi hobi nasional, yang terdalam, kadang-kadang gelap, rahasia telah lama dipegang oleh Badan Intelijen Negara di Indonesia (Badan Intelijen Negara, atau BIN). Apakah menargetkan diplomat komunis, teroris asing, atau pembangkang dalam negeri, BIN dan organisasi prekursor telah menjadi ujung tombak rahasia dari kebijakan keamanan nasional. Di sini, untuk pertama kalinya, badan rahasia ini terkena di INTEL: Inside Indonesia's Intelligence Service oleh penulis kondang Ken Conboy.

Menggambar dari akses eksklusif pada personel BIN dan arsip operasional, Conboy meneliti agen dan operasi mereka sejak didirikan lima puluh tahun yang lalu, dan menyoroti tentang peran baru Indonesia dalam Perang Dingin dengan studi kasus dari Korea Utara, Uni Soviet, dan operasi Vietnam di seluruh nusantara dan posisi BIN saat ini di garis depan pada perang melawan terorisme. Dari kegiatan dan menangkap Faruq dan Hambali ke Indonesia sampai operasi al-Qaeda, buku ini memberikan jauh lebih detail dan wawasan dari sebelumnya. Memahami BIN merupakan bagian integral dari pemahaman politik dan keamanan Indonesia, dan INTEL adalah bacaan penting bagi siapa saja yang tertarik dalam operasi intelijen, sejarah kontemporer Indonesia, dan terorisme internasional.

Ken Conboy adalah country manager untuk Manajemen Risiko Advisory, sebuah konsultan keamanan swasta di Jakarta. Sebelum itu, ia menjabat sebagai wakil direktur di Pusat Studi Asia, sebuah think tank yang berbasis di Washington yang berpengaruh, di mana tugas-tugasnya termasuk menulis makalah kebijakan Kongres AS dan Eksekutif pada hubungan ekonomi dan strategis dengan negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Penulis selusin buku tentang sejarah dan intelijen operasi militer di Asia, judul terbaru Conboy itu  Spies in the Himalaya, telah menerima pujian sebagai karya menarik dari ketinggian gunung dan misi rahasia. Lulusan Georgetown University School of Foreign Service dan dari Johns Hopkins, Sekolah Kajian Internasional Lanjutan, Conboy juga sebagai dosen tamu di Chulalongkorn University di Bangkok dan telah tinggal di Indonesia sejak tahun 1992.