Pendidikan Yang Membebaskan (Paulo Freire)

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Pendidikan Yang Membebaskan
Penulis: Paulo Freire
Penerbit: Melibas, 2001
Isi: 123 halaman (2 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan (teks tidak bisa dicopy)

Konsep pendidikan alternatif memang cukup memperoleh perhatian dan suara gugatan, setidaknya di kalangan intelektual, pendidik, LSM yang memiliki jangkauan berpikir yang cukup jauh ke depan. Apalagi kenyataan sehari-hari sejumlah upaya percobaan pendidikan telah dirintis untuk sedikit banyak mengajukan alternatif terhadap sistem pendidikan yang ada. Hidupnya lagi sistem Ashram di India, Gerakan Sarvodaya di Srilangka, Pendidikan Pesantren di negeri kita, kesemuanya lalu sodorkan secara tergesa-gesa sebagai pelaksanaan pendidikan alternatif. Sangat dilupakan bahwa, semua percobaan itu bertolak dari bangunnya gerakan kultural, bukan kesadaran politik dari pendidikan alternatif yang konsepnya dibuat oleh orang seperti Paulo Freire.

Untuk itulah buku "Pendidikan Yang Membebaskan" karya Paulo Freire diterbitkan untuk dijadikan tinjauan atasnya dan upaya guna memahami sistem pendidikan alternatif serta menghindari penerapan yang mentah, yang justru akan bertentangan dengan hakekatnya. Karena penerapan tanpa pemahaman lebih jauh akan menghasilkan sikap melawan kepada kekuasaan yang ada dan sebaliknya dengan sendirinya menerima pukulan balasan dari kekuasaan itu. Padahal inti pendidikan alternatif bukanlah melawan kekuasaan yang ada, melainkan mengubah warga masyarakat dalam orientasi dan pola hidup yang diikutinya.

Dari titik inilah yang sebenarnya patut digunakan sebagai sudut penglihatan bagi tesis-tesis yang dibawakan oleh Paulo Freire. Mungkinkah cara ini menghasilkan pembebasan total manusia dari belenggu kemiskinan dan ketertindasan pada akhirnya? Terserah pendapat sejarah dan saat ini kepada penilaian masing-masing untuk menentukannya.