Binatangisme (George Orwell)

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Binatangisme
Penulis: George Orwell
Penerbit: Iqra, 1983
Isi: 179 halaman (6 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan

Binatangisme adalah terjemahan dari buku George Orwell yang berjudul animal farm. Apa yang disampaikan orwell masih menjadi cerminan hari ini, bahwa intrik dan siasat akan selalu menyertai apapun itu. Apalagi jika masuk dalam ranah kepentingan dan peperangan.

Binatangisme ditulis dalam masa perang, keadaan ini tidak menenangkan buat Orwell. Begitu selesai naskahnya, tak ada penerbit yang mau menerbitkan naskah Orwell ini. Akhirnya, ada yang mau menerbitkan naskah ini dalam kelompok 'cerita dongeng'. Lambat laun, pembaca sadar, bahwa binatangisme adalah sebuah buku satire. Pembaca sadar bahwa Orwell sebenarnya melakukan ejekan secara halus namun tajam kepada bentuk kepemimpinan pemerintahan yang totaliter.

Orwell membenci propaganda, kebencian itu tergambar jelas dalam Binatangisme. Kendati disajikan dengan cantik, sebuah satire yang menghindari kata-kata tajam, cenderung jenaka bahkan. Buku ini memaparkan kebrengsekan, tipu daya, kelicikan, keserakahan, dan munafik dalam makna yang paling sejati, dengan mengambil misal dunia binatang.

Jangan-jangan Orwell memang bicara tentang kita. Tentang kita yang seolah-olah manusi,. tetapi ternyata kita cuma binatang berkaki dua, minum coca-cola dan melahap burger.