Layar Terkembang (Sutan Takdir Alisjahbana)

Gambar Produk 1
Promo
Rp 20.000 Rp 10.000
Judul: Layar Terkembang
Penulis: Sutan Takdir Alisjahbana
Penerbit: Balai Pustaka, 1990
Isi: 137 Halaman (3 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan

Novel Layar Terkembang ini merupakan sebuah cerita roman tulisan St. Takdir AIi syahbana. ceritanya melukiskan perjuangan wanita Indonesia beserta cita-citanya. Dua orang bersaudara yang mendapat pendidikan menengah memiliki perangai yang berbeda. Maria, adalah seorang dara yang lincah dan periang, sedang Tuti, kakaknya, selalu serius dan aktif dalam berbagai kegiatan wanita.

Di tengah-tengah dua dara jelita ini muncul Yusuf, seorang mahasiswa Kedokteran, yang pada masa itu lebih dikenal dengan sebutan sekolah Tabib Tinggi.

Sejak pertemuannya yang pertama di Aquarium pasar lkan, antara Maria dan Yusuf timbul kontak batin. Setelah melalui tahap-tahap perkenalan, pertemuan dengan keluarga, dan kunjungan oleh Yusuf, maka diadakanlah ikatan pertunangan. Tetapi sayang, ketika menjelang hari pernikahan, Maria jatuh sakit. Penyakitnya parah, malaria dan TBC, sehingga harus dirawat di Sanatorium Pacet. Tak lama kemudian Maria meninggal.

Sebelum ajal datang, Maria berpesan agar supaya Tuti, kakaknya, bersedia menerima Yusuf. Tuti tidak menolak dan cerita roman Layar Terkembang ini disudahi dengan pertunangan antara Tuti dan Yusuf.

Novel Layar Terkembang terbit pertama kalinya pada tahun 1936, dan sekarang tetap tercatat sebagai buku wajib untuk bacaan sastra di SMP dan SMA.