Adam Ma'rifat: Kumpulan Cerita Pendek

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Adam Ma'rifat: Kumpulan Cerita Pendek
Penulis: Danarto
Penerbit: Balai Pustaka, 1982
Isi: 71 Halaman (6 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan (teks tidak bisa dicopy)

Adam Ma’rifat ini merupakan kumpulan cerpen kedua Danarto Godlob pada tahun 1974. Adam Ma’rifat sendiri pernah memperoleh penghargaan sebagai cerpen terbaik dari Dewan Kesenian Jakarta dan Yayasan Buku Utama tahun 1982.

Buku kumpulan cerpen Adam Ma’rifat ini berisi enam cerpen. Judul dari tiap cerpen seakan mengandung mistis. Judul-judul cerepnnya antara lain, Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat, Adam Ma’rifat, Megatruh, Ngung Cak, Lahirnya sebuah Kota Suci, Bedoyo Robot Membelot.

Danarto, dalam menulis cerpennya terutama Adam Ma’rifat ini seakan membuat cerita parodi yang memang dengan sengaja beliau menggunakan nama-nama dan suasana yang jarang dibuat oleh penulis lain. Ceritanya cenderung menyimpang dari realita kehidupan. Namun, banyak para sastrawan yang memuji hasil karyanya ini.

Banyak sastrawan yang memuji gaya penulisannya. Seperti pendapat Goenawan Mohammad dan Harry Aveling yang tercantum pada sampul bagian belakang. Goenawan Mohammad mengatakan, “... Danarto telah diakui sebagai sastrawan yang memulai penulisan “realisme magis” di Indonesia dan juga seorang pelukis.” Sedangkan Harry Aveling mengatakan, “Jika Pramoedya Ananta Toer mata kanan kita, maka Danarto adalah mata kiri kita. Danarto adalah pembaharu. Seorang master.”