Antara Al-Farabi dan Khomeini: Filsafat Politik Islam

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Antara Al-Farabi dan Khomeini: Filsafat Politik Islam
Penulis: Yamani
Penerbit: Mizan, 2002
Isi: 171 Halaman (8 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan (teks tidak bisa dicopy)

Belakangan ini perdebatan mengenai negara berdasarkan islam mencuat kembali di negeri kita. Meskipun demikian, wacana yang dikembangkan —baik oleh yang pro maupun yang kontra—terasa kekurangan landasan filosofis yang memadai.

Buku ini mempersandingkan pemikiran politik Al-Farabi —filosof politik Muslim par excellence dan sumber pemikiran politik para filosof Muslim terkemudian— dan Ayatullah Khomeini, untuk beberapa tujuan. Pertama, ia memaparkan filsafat politik Al-Farabi yang belum banyak diketahui orang di negeri kita. Padahal, lebih dari itu. banyak peneliti yang percaya bahwa pemikiran tokoh ini merupakan suatu upaya yang cukup berhasil dalam mengakomodasikan ajaran ajaran Islam ke dalam batang tubuh filsafat klasik, betapapun kontroversialnya. Kedua penyandingan ini dimaksudkan untuk melacak kemungkinan adanya akar-akar pemikiran wilayah al-faqih (kepemimpinan faqih) Ayatullah Khomeini dalam pemikiran Al-Farabi.

Dengan demikian, dlharapkan pemahaman kita tentang salah satu konsep politik Islam kontemporer —yang diduga akan masih memiliki pengaruh dalam wacana pemikiran politik Islam pada masa-masa mendatang— ini menjadi lebih lengkap. Lagi pula, kegagalan untuk memahami fenomena Republik Islam Iran dan Ayatullah Khomeini, serta pemikiran politik Islam pada
umumnya, dikhawatirkan dapat berakibat munculnya konfirmasi terhadap stereotype negatif tentang negara Islam yang kadung terbentuk di kalangan yang menentangnya.

Meskipun pada dasarnya bersifat akademik dan deskriptif, kajian ini diharapkan dapat juga membantu kita untuk melihat ada-tidaknya peluang negara Islam —dan, jika ada, pilihan bentuk yang kompatibel— dengan zaman yang telah begitu jauh meninggalkan sumber-sumber Abad-Pertengahannya seperti saat ini.