Islam dan Liberalisme

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Islam dan Liberalisme
Penulis: Budhy Munawar-Rachman
Penerbit: Friedrich Nauman Stiftung, 2011
Isi: 331 Halaman (2 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF

Buku Islam dan Liberalisme ini menggambarkan perkembangan paling mutakhir pemikiran Islam global, maupun pemikiran Islam di Indonesia. Sebagai sebuah cara berdiskursus, liberalisme bukanlah hal yang asing dalam sejarah pemikiran Islam. Sudah sejak masa klasik para pemikir Muslim menghasilkan pemikiran-pemikiran yang sangat liberal dan terbuka pada perkembangan zamannya. Baik itu pemikiran yang diambil dari tradisi fi lsafat Yunani, sains Persia, maupun mistisisme India. Sehingga kalau dewasa ini para pemikir Muslim
sekali lagi mengembangkan tradisi liberalnya yang diinspirasikan dari perkembangan pemikiran modern, fenomena ini bukanlah hal yang asing. Karena Islam dan liberalisme bukanlah suatu kontradiksi dalam termanya. Islam sangat terbuka untuk bisa menghidupkan substansinya melalui cara pandang modern.

Buku ini menggambarkan isu-isu mutakhir yang paling banyak dibicarakan. Yaitu bagaimana Islam meresponi secara positif ide-ide baru seperti demokrasi, hak asasi manusia dan paham-paham kebebasan, seperti kebebasan beragama, maupun kebebasan berekspresi. Buku ini juga menggambarkan debat mutakhir mengenai Islam dan negara, khususnya menyangkut perlunya diterima paham negara sekular daripada negara Islam. Digambarkan juga perkembangan ide-ide berkaitan dengan gender, dan pluralisme. Dalam buku ini juga dielaborasi bagaimana para pemikir Islam liberal mengembangkan metode berpikirnya, termasuk usaha-usaha untuk membangun teologi agama-agama, yang sangat penting sebagai fondasi penerimaan sepenuhnya atas pluralisme, demokrasi dan hak asasi manusia.