Kekerasan dan Kapitalisme: Pendekatan Baru dalam Melihat Hak-Hak Asasi Manusia

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Kekerasan dan Kapitalisme: Pendekatan Baru dalam Melihat Hak-Hak Asasi Manusia
Penulis: Jamil Salmi
Penerbit: Pustaka Pelajar, 2003
Isi: 252 Halaman (5 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan

Orang yang membaca buku ini pertama-tama akan melihat sebuah kehidupan yang berkebalikan dengan kapitalisme. Struktur buku ini sangat baik, cerdas dan tidak memihak,
sehingga menjadi sebuah kerangka berpikir yang dapat digunakan untuk melakukan studi tentang kekerasan di semua jenis masyarakat dan dalam waktu kapan saja. Kekerasan
dapat dikategorikan sebagai berikut: langsung (direct), tak langsung (indirect), represif (repressiae), alienatif (alienating). Kemudian kita tinggal melihat kekerasan yang terjadi di masyarakat termasuk kategori yang mana.

Buku ini berisikan sebuah rangkaian kekejaman yang diampuni dan disebarluaskan atas nama'kebaikan' oleh peradaban Barat. 'Kebaikan' ini, yang ditutupi dengan topeng humanisme, tidak lain kecuali keuntungan (profit). Akumulasi modal berbanding lurus dengan akumulasi kekerasan: perbudakan, rasisme, perang, kelaparan, kejahatan yang tidak tersingkap. Berapa banyak orang miskin dan mati, yang telah menyebabkan orahg lain menjadi kaya, seperti Anda dan saya?

Namun demikian, Salmi dalam buku ini tidak merasa pesimis. Ada jalan keluaq, jika kita mau mengakui seluruh hak-hak asasi manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi, dan juga jika kita melihat setiap masalah kekerasan bukan dari kacamata pemerintah, namun dari kacamata korban kekerasan tersebut. Antara 'kebebasan' (freedom) dan 'perusahaan yang bebas' (free enterprise) tidaklah sama. Kita yang telah menikmati sebagian hak asasi -termasuk hak untuk menyebarluaskan pandangan-pandangan kita dan hak untuk melawan golongan yang kuat- tidak akan dimaafkan kesalahannya, jika tidak mau mendengarkan dan menjalankan apa yang dikatakan Salmi.