Majapahit: Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Majapahit: Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota
Penulis: Prof. Dr. Inajati Andrisijanti
Penerbit: Kepel Press, 2014
Isi: 332 Halaman (6 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF

Buku ini yang berjudul “Majapahit: Batas Kota dan Jejak-jejak Kejayaannya” merupakan kumpulan dari 15 tulisan yang beragam topiknya, ditulis oleh para peneliti Balai Arkeologi
Yogyakarta yang wilayah tugasnya mencakup daerah Jawa Timur di mana tinggalan budaya Majapahit tersebar luas di daerah itu. Sejenis dengan buku bunga rampai semacam ini telah diterbitkan 20 tahun yang lalu dalam rangka memperingati lahirnya Majapahit berjudul “700 Tahun Majapahit 1293-1993: Suatu Bunga Rampai”. Meskipun kedua buku bunga rampai ini sama-sama memuat 15 judul, namun itu tidak berarti sama dalam hal struktur, isi, keluasan cakupan dan kedalaman bahasannya. Para pembaca akan memperoleh gambaran yang lebih luas jika disandingkan dengan tulisan-tulisan dalam buku bunga rampai tahun 1993.

Buku ini dapat dikatakan bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui seluk beluk penelitian dan pelestarian mengenai Majapahit dan situs kota Majapahit di Trowulan. Di dalamnya terungkap beberapa problem dalam khasanah penelitian Majapahit, yaitu: permasalahan ilmiah berupa kesenjangan antara data tertulis dan artefaktual, permasalahan kelembagaan berupa kurangnya koordinasi, kolaborasi dan integrasi hasil penelitian, dan permasalahan pelestarian berupa ancaman perusakan situs sebagai akibat kelemahan politik pelestarian di negara kita. Selamat membaca.