Noise: A Flaw in Human Judgment

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Noise: A Flaw in Human Judgment
Penulis: Daniel Kahneman, Olivier Sibony, Cass R. Sunstein
Penerbit: Little, Brown and Company, 2021
Isi: 465 Halaman (3 MB)
Bahasa: Inggris
Format: Ebook EPUB

Bayangkan bahwa dua dokter di kota yang sama memberikan diagnosis yang berbeda kepada pasien yang identik —atau bahwa dua hakim di gedung pengadilan yang sama memberikan hukuman yang sangat berbeda kepada orang yang melakukan kejahatan yang sama. Misalkan pewawancara yang berbeda di perusahaan yang sama membuat keputusan yang berbeda tentang pelamar kerja yang tidak dapat dibedakan— atau bahwa ketika sebuah perusahaan menangani keluhan pelanggan, penyelesaiannya tergantung pada siapa yang kebetulan menjawab telepon. Sekarang bayangkan dokter yang sama, hakim yang sama, pewawancara yang sama, atau agen layanan pelanggan yang sama membuat keputusan yang berbeda tergantung pada apakah itu pagi atau siang, atau hari Senin daripada Rabu. Ini adalah contoh kebisingan: variabilitas dalam penilaian yang harus identik.

Dalam Noise, Daniel Kahneman, Olivier Sibony, dan Cass R. Sunstein menunjukkan efek merugikan dari kebisingan di banyak bidang, termasuk kedokteran, hukum, peramalan ekonomi, ilmu forensik, jaminan, perlindungan anak, strategi, tinjauan kinerja, dan pemilihan personel. Di mana ada penghakiman, di situ ada keributan. Namun, sebagian besar waktu, individu dan organisasi sama-sama tidak menyadarinya. Mereka mengabaikan kebisingan. Dengan beberapa solusi sederhana, orang dapat mengurangi kebisingan dan bias, sehingga membuat keputusan yang jauh lebih baik.

Dikemas dengan ide-ide orisinal, dan menawarkan wawasan berbasis penelitian yang sama yang membuat Thinking, Fast and Slow, dan Nudge menjadi terobosan buku terlaris New York Times, Noise menjelaskan bagaimana dan mengapa manusia begitu rentan terhadap kebisingan dalam penilaian —dan apa yang dapat kita lakukan terhadapnya.