Batik, Traditional Textiles of Indonesia: From The Rudolf Smend & Donald Harper Collections

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Batik, Traditional Textiles of Indonesia: From The Rudolf Smend & Donald Harper Collections
Penulis: Rudolf Smend & Donald Harper
Penerbit: Tuttle Publishing, 2016
Isi: 176 Halaman (40 MB)
Bahasa: Inggris
Format: Ebook EPUB

Tekstil luar biasa dalam buku ini berasal dari koleksi Rudolf Smend dan Donald Harper. Sebagian besar berasal dari periode 1880 hingga 1930 ketika seni batik mencapai puncaknya. Setelah mengoleksi sejarah batik selama lebih dari tiga puluh tahun dan menerbitkan dua buku mengenai subjek tersebut, Rudolf Smend mengundang temannya dan sesama spesialis batik Donald Harper untuk menyumbangkan koleksi bagusnya pada publikasi ini juga. Belum ada satu pun batik dalam buku ini yang pernah diterbitkan. Mereka mewakili keseluruhan produksi batik yang sangat indah di Jawa –wilayah penghasil batik terpenting di dunia.

Kain-kain tersebut dilengkapi dengan foto-foto vintage dari kuartal pertama abad ke-20 yang menunjukkan bagaimana batik dikenakan di istana dan di rumah. Tiga berasal dari museum di Dresden dan Cologne, sedangkan tiga lainnya berasal dari koleksi pribadi Leo Haks. Sisanya dikumpulkan selama 30 tahun terakhir dari sumber-sumber swasta di Jawa. Caption tersebut dibuat oleh Maria Wronska-Friend, seorang etnolog dan pakar batik yang sering mengunjungi sentra batik di Indonesia dan telah bekerja selama bertahun-tahun sebagai antropolog di Papua Nugini. Kontribusinya memberikan pengetahuan mendasar bagi pecinta seni ini sekaligus memberikan wawasan baru bagi para ahli.

Rudolf Smend mengundang pecinta batik lain dari generasinya untuk berbagi kecintaan mereka terhadap batik dalam buku ini. Inger McCabe Elliott, penulis buku terlaris Batik: Fabled Cloth of Java telah menyumbangkan pengalaman seumur hidupnya. Otoritas lain seperti Annegret Haake, Brigitte Khan Majlis dan Jonathan Hope berbagi pandangan dan keahlian mereka di halaman ini. Buku ini mewakili hasil karya cinta dan persahabatan seumur hidup kedua penulis, yang berharap dapat memberikan inspirasi bagi generasi baru pecinta batik.