Mencari Makna Kebangsaan (Franz Magnis-Suseno)

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Mencari Makna Kebangsaan
Penulis: Franz Magnis-Suseno
Penerbit: Kanisius, 1998
Isi: 195 Halaman (4 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan

Mencari makna kebangsaan dari masyarakat pluralitik Indonesia tentu saja tidak mudah. Perlu usaha lebih keras untuk menghindari kesalahan pendekatan, kesediaan untuk belajar dari pengalaman, tekad untuk tetap terbuka, serta mau menerima semua warga masyarakat sebagai warga negara yang sama hak dan kewajibannya. Franz Magnis-Suseno yang dikenal berpemikiran tajam dan to the point menanggapi pelbagai masalah yang pernah aktual (dan kini tetap aktual), yang menyentuh berbagai sendi kehidupan bangsa, seperti agama, hukum, sosial budaya, politik, etika, HAM, dan lain sebagainya.

Meskipun ketiga puluh delapan karangan ditulis dalam situasi konkret tertentu, namun tetap merupakan sumbangan berharga untuk berefleksi dalam usaha kita bersama mencari makna dan pesan kebangsaan Indonesia dalam situasi yang memprihatinkan. Dengan membaca buku ini diharapkan dapat merangsang pikiran, refleksi, keprihatinan, dan tekad pembaca berhadapan dengan masalah-masalah bangsa.

Dalam buku ini dikumpulkan tiga puluh enam karangan dan makalah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, yang ditulis dalam tujuh tahun terakhir; sebagian besar pernah dipublikasikan. Dalam buku ini penulis, yang terkenal tajam dan to the point itu, menanggapi pelbagai masalah yang pernah aktual, namun kebanyakan masih tetap menghantui kita, dengan menempatkannya ke dalam dimensi lebih mendalam. Ia menunjukkan tantangan yang terkandung di dalamnya bagi usaha membangun masyarakat Indonesia yang adil dan manusiawi atas dasar Pancasila. Maksud penulis adalah ingin merangsang pikiran, releksi, keprihatinan dan tekad pembaca sendiri berhadapan dengan masalah-masalah itu.