Gerakan Islam: Sebuah Analisis

Gambar Produk 1
Promo
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Gerakan Islam: Sebuah Analisis
Penulis: A. Ezzatti
Penerbit: Pustaka Hidayah, 1990
Isi: 144 Halaman (7 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF Scan (teks tidak bisa dicopy)

Sudah banyak telaah kasus ditulis orang mengenai gerakan Islam di berbagai belahan dunia, termasuk Ikhwan al-MusIimun, Jama'at Islami, dan lain-lain. Tapi, sedikit sekali di antaranya yang mengemukakan analisis mendalam dan akurat tentang masalah ini. Padahal, pembahasan semacam itu terasa makin perlu dan muhim terlebih karena orang merasa berkepentingan untuk menelusuri perjalanan panjang gerakan-gerakan tersebut.

Kenyataan bahwa pada umumnya gerakan-gerakan tersebut tidak berhasil mewujudkan konsepnya, tak ayal mengundang perhatian banyak ilmuwan Islam -yang, barangkali, juga beranjak dari suatu ke prihatinan. Sementara analis berpendapat -dan bisa jadi merupakan pandangan yang mutakhir- bahwa kegagalan tersebut sangat boleh jadi disebabkan karena pijakan atau konsep gerakan-gerakan tersebut yang tidak mengakar kepada Islam.

Seakan menjawab tantangan itu, buku ini, Gerakan Islam: Sebuah Analisis , mencoba mengajukan konsep-konsep Islam tentangnya. Di mulai dengan mendefinisikan gerakan Islam itu sendiri, ia kemudian menyajikan analisis tentang sumber-sumber politik Islam, hubungannya dengan konsep ibadah, konsep ummah, ijtihad, dan diakhiri dengan konsep kepemimpinan dalam Islam. Karenanya, buku ini menjadi yang pertama, yang mengajukan analisis paling lengkap dan mendalam tentang gerakan Islam.