Misbehaving: The Making of Behavioral Economics

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Misbehaving: The Making of Behavioral Economics
Penulis: Richard H. Thaler
Penerbit: W. W. Norton & Company, 2016
Isi: 432 Halaman (3 MB)
Bahasa: Inggris
Format: Ebook EPUB

Peraih Nobel Richard H. Thaler menghabiskan karirnya mempelajari gagasan radikal bahwa pelaku utama perekonomian adalah manusia ―individu yang dapat diprediksi dan rentan melakukan kesalahan. Berperilaku buruk adalah kisahnya yang menarik dan sering kali lucu tentang perjuangannya mengembalikan disiplin akademis ―dan mengubah cara berpikir kita tentang ekonomi, diri kita sendiri, dan dunia kita.

Ekonomi tradisional mengasumsikan aktor-aktor rasional. Pada awal penelitiannya, Thaler menyadari bahwa robot mirip Spock ini tidak seperti manusia sungguhan. Baik membeli radio jam, menjual tiket bola basket, atau mengajukan permohonan hipotek, kita semua mengalah pada bias dan mengambil keputusan yang menyimpang dari standar rasionalitas yang diasumsikan oleh para ekonom. Dengan kata lain, kita berperilaku buruk. Yang lebih penting lagi, kelakuan buruk kita mempunyai konsekuensi yang serius. Pada awalnya tidak dianggap oleh para ekonom sebagai tontonan yang lucu, studi tentang kesalahan perhitungan manusia dan dampaknya terhadap pasar kini mendorong upaya untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam kehidupan kita, bisnis kita, dan pemerintahan kita.

Menggabungkan penemuan terbaru dalam psikologi manusia dengan pemahaman praktis tentang insentif dan perilaku pasar, Thaler memberikan pencerahan kepada pembaca tentang cara membuat keputusan yang lebih cerdas di dunia yang semakin membingungkan. Dia mengungkapkan bagaimana analisis ekonomi perilaku membuka cara-cara baru untuk melihat segala sesuatu mulai dari keuangan rumah tangga hingga penempatan kantor fakultas di gedung baru, hingga acara permainan TV, rancangan NFL, dan bisnis seperti Uber.

Diselingi dengan kisah-kisah antik tentang perjuangan Thaler melawan benteng pemikiran ekonomi tradisional, Misbehaving adalah sebuah gambaran tunggal mengenai kelemahan manusia yang mendalam. Ketika ilmu ekonomi bertemu dengan psikologi, implikasinya bagi individu, manajer, dan pembuat kebijakan akan sangat besar dan menarik.