Confessions of a Microfinance Heretic: How Microlending Lost Its Way and Betrayed the Poor

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Confessions of a Microfinance Heretic: How Microlending Lost Its Way and Betrayed the Poor
Penulis: Hugh Sinclair
Penerbit: Berrett-Koehler Publishers, 2012
Isi: 264 Halaman (2 MB)
Bahasa: Inggris
Format: Ebook EPUB

Ini adalah kisah seorang penganut keuangan mikro yang selama satu dekade berkecimpung dalam industri keuangan mikro mengubahnya menjadi seorang bidah. Bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan mikro di seluruh dunia, Hugh Sinclair menyadari bahwa industri senilai $70 miliar tidak berbuat banyak untuk membantu masyarakat yang mereka klaim dilayani. Faktanya, tingkat suku bunga yang sangat tinggi menyebabkan peminjam terjerumus ke dalam spiral utang yang tidak ada habisnya, dan praktik penagihan yang agresif mengakibatkan terjadinya kasus prostitusi paksa, pekerja anak, bunuh diri, dan pemberontakan nasional terhadap komunitas keuangan mikro.

Sinclair menceritakan kisah mengejutkan tentang sistem yang semakin fokus pada memaksimalkan keuntungan—terutama ketika bank-bank besar ikut terlibat. Ia merinci penemuannya atas beberapa skandal, salah satu skandal paling meresahkan yang melibatkan lembaga keuangan mikro besar di Afrika dengan legalitas yang dipertanyakan yang mengenakan suku bunga lebih dari seratus persen per tahun dan yang investor serta pendukungnya termasuk beberapa pemimpin sektor keuangan mikro yang paling terkenal. .

Keberatan Sinclair mula-mula ditanggapi dengan diam, lalu diancam, dicoba disuap, dan diajukan ke pengadilan, dan akhirnya membawanya menjadi pelapor utama di sektor yang telah kehilangan jiwanya. Keuangan mikro bisa berhasil—Sinclair menjelaskan pengalaman mengharukan dengan beberapa organisasi yang beretika dan efektif serta menjelaskan apa yang membuat mereka berbeda. Namun tanpa reformasi mendasar yang direkomendasikan Sinclair di sini, keuangan mikro akan tetap menjadi “peluang investasi” yang akan meninggalkan janji kosong dan kantong kosong bagi masyarakat miskin.