Ribuan Gunung, Ribuan Alat Batu: Prasejarah Song Keplek, Gunung Sewu, Jawa Timur

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Ribuan Gunung, Ribuan Alat Batu: Prasejarah Song Keplek, Gunung Sewu, Jawa Timur
Penulis: Hubert Forestier
Penerbit: KPG, 2007
Tebal: 313 halaman (8 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF

Dalam buku ini, pengarang menawarkan perjalanan dalam waktu, dan membawa kita ke masa sekitar 8.000 tahun yang lalu di daerah sekelilingng gua Song Keplek yang terletak tidak jauh dari desa Punung di Gunung Sewu (Jawa Timur). Semua ini dapat terwujud berkat adanya alat-alat batu yang mengisahkan prasejarah kepada kita.

Bukti-bukti istimewa budaya kebendaan pada peradaban-peradaban yang lampau: serut samping, serut ujung, gurdi, serut gerigi, serut cekung, dll. mengundang kita untuk sedikit menyelami kehidupan sehari-hari dan sepak terjang teknis para pemburu-peramu dan pemangkas sileks ini.

Hasil penelitian ini merupakan babak baru dalam penulisan prasejarah Jawa Timur karena mengungkapkan kesinambungannya dengan periode zaman Batu sebelumnya.

Buku ini diawali dengan sebuah sintesis yang menjelaskan panorama luas industri-industri litik dan kronologinya mulal dari kala Paleolitik bawah di Asia Tenggara dan menekankan posisi penting yang ditempati oleh prasejarah Indonesia.

Analisis keseluruhan alat batu dari sudut pandang teknologis sangat ditonjolkan di sini terutama berkat konsep-konsep baru seperti "rangkaian operasional" agar kita dapat memahami bagaimana benda-benda arkeologis ini dibuat. Teknologi litik disajikan sebagai metode anallsis yang ditujukan pada pendekatan konseptual budaya kebendaan dalam prasejarah. Cara ini bertujuan untuk membuat sepak terjang fosil yang berada dl daJam setiap alat batu itu berbicara kepada kita,

Untuk melengkapinya, penjelasan tipologi alat memungkinkan kita untuk membedakan batu-batu yang diretus dengan alat, kemudian menggolongkannya, menamainya, memahaminya menurut bentuk, struklur dan cara pembuatannya.

Buku ini mematuhi paduan disiplin i1mu antara tipologi dan teknologi IItik dengan menyampaikan hasil-hasil kualitatif dan kuantitatif deskriptif dan Interpretatif, disertai dengan lebih dari seratus gambar dan skema.

Buku ini é1tujukan sebagal referensi bagî para ahli, pedoman bagl para mahasiswa, dan bagi semua orang yang Ingin mendalami bidang industr! litik yang berlimpah ruah di Jawa dan di Asia Tenggara.